PENGARUH PERMAINAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK DI KELOMPOK B TK PERTIWI KOTA PALOPO

ANDI ANISFADILA AYARI PUTRI (2023) PENGARUH PERMAINAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK DI KELOMPOK B TK PERTIWI KOTA PALOPO.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
Lembar Sebelum Isi Skripsi.docx

Download (50kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (101kB)
[img] Text
Foto Penelitian.docx

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (171kB)

Abstract

Andi Anisfadila Ayari Putri. 2016. Pengaruh Permainan Warna Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B TK Pertiwi Kota Palopo. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Muhammad Anas, M.si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir logis anak kelompok B TK Pertiwi Kota Palopo sebelum penerapan permainan warna? Dan bagaimana perngaruh permainan warna terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok B TK Pertiwi Kota Palopo? Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis anak kelompok B TK Pertiwi Kota Palopo sebelum penerapan permainan warna dan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis anak kelompok B TK Pertiwi Kota Palopo setelah penerapan permainan warna. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di TK Pertiwi Kota Palopo, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 15 anak, laki-laki sebanyak 7 orang dan perempuan sebanyak 8 orang dari kelompok B1 TK Pertiwi Kota Palopo. Teknik Pengumpulan data melalui teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Nilai kemampuan anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata sebesar 32,4 dan setelah diberikan perlakuan mendapatkan rata-rata sebesar 38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kemampuan berpikir logis anak sebelum dan setelah pemberian perlakuan berupa Permainan Warna. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 120 dan T tabel sebesar 25 maka diperoleh hasil T hitung (120) > nilai T tabel sebesar (25). Maka H1 diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh Permainan Warna terhadap kemampuan berpikir logis anak, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 16,21 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z (16,21) > nilai Z tabel (1,645) maka H1diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh Permainan Warna terhadap kemampuan berpikir logis anak. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada kemampuan berpikir logis anak sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa Permainan Warna.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:19
Last Modified: 26 Jan 2023 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26783

Actions (login required)

View Item View Item