MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGENAL TUMBUHAN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH LAYANG SELATAN KOTA MAKASSAR

JUMINARTI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGENAL TUMBUHAN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH LAYANG SELATAN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.rtf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I DAN III.rtf

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV-V.rtf

Download (352kB)
[img] Text
Kisi-Kisi.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lembar Observasi Anak Didik.docx

Download (45kB)
[img] Text
Lembar Observasi Guru.docx

Download (44kB)
[img] Text
Dokumentasi penelittian.docx

Download (2MB)

Abstract

JUMINARTI. 2016. Skripsi. Meningkatkan kemampuan sains anak melalui kegiatan mengenal tumbuhan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Selatan Kota Makassar. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Muhammad Yusri Bactiar, M.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan sains anak yang rendah dalam mengenal tumbuhan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Selatan Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui kegiatan mengenal tumbuhan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Selatan Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari awal hingga akhir penelitian. Fokus penelitian Kemampauan sains adalah adalah mengamati, mengelompokkan, berkomunikasi atau menyampaikan dan kemampuan anak dalam menyimpulkan dalam mengenal materi tumbuhan dan Materi Sains Tumbuhan adalah kegiatan yang dilakukan oleh anak didik dalam mengamati berbagai jenis tumbuhan meliputi jenis daun, akar, batang, buah dan warna daun. Yang menjadi sasaran penelitian adalah 15 anak dan 1 orang guru. Data diperoleh melalui observasi, data dianalisis deskriftif untuk menyajikan data yang ada. Beradasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan dengan penerapan pembelajaran sains dengan melakukan langkah-langkah pembelajaran yang telah ditentukan maka terjadi peningkatkan kemampuan sains anak melalui kegiatan mengenal tumbuhan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Selatan Kota Makassar. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata kategori penilaian hasil belajar yang diperoleh anak pada siklus I kemampuan anak berada pada kategori mulai berkembang (MB) dan siklus II kemampuan anak didik mampu masuk berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:51
Last Modified: 25 Jan 2023 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

View Item View Item