SITTI ERNA (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MALAKA KABUPATEN PANGKEP.
Text
sampul laporan 1.docx Download (33kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING baru.doc Download (68kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (20kB) |
|
Text
pernyataan plagiat.docx Download (13kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (14kB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I - BAB V.docx Download (64kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (15kB) |
|
Text
Pembatas-lampiran.docx Download (11kB) |
|
Text
kisi2 & lmbr Observasi guru.docx Download (51kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (53kB) |
Abstract
SITTI ERNA. 2016, Pengembangan Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Malaka Kabupaten Pangkep. Laporan pengembangan pembelajaran, dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Hajerah, S.Pd, M.Pd, pada program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PGPAUD ) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan meronce dengan manik-manik di TK Pertiwi Malaka Kabupaten Pangkep?. Tujuan pengembangan pembelajaran untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce dengan manik-manik pada anak kelompok B di TK Pertiwi Malaka Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah pengembangan pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan manik-manik. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam pengembangan ini adalah kelompok B TK Pertiwi Malaka Kabupaten Pangkep yaitu 1 rang guru dan anak yang berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Kumpulan hasil pengembangan pembelajaran dari pertemuan I – IV menunjukkan bahwa dengan kegiatan meronce dengan manik-manik maka dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Pertiwi Malaka Kabupaten Pangkep. Hal ini dapat dilihat pada indikator kelenturan, dengan aspek pengembangan anak mampu memegang benang dan manik-manik. Indikator kedua keordinasi mata dan tangan, dengan aspek pengembangan anak mampu memasukkan benang ke dalam lubang roncean membentuk kalung atau gelang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:21 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26614 |
Actions (login required)
View Item |