PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM

GITA RIZKY AWALIYAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM.

[img] Text
1.docx

Download (205kB)
[img] Text
2.docx

Download (28kB)
[img] Text
3.docx

Download (38kB)
[img] Text
4.docx

Download (88kB)
[img] Text
5.docx

Download (16kB)
[img] Text
6.docx

Download (37MB)
[img] Text
7.docx

Download (107kB)

Abstract

Gita Rizky Awaliyah. 2014 Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi ini di bimbing oleh Dr. Parwoto, M. Pd selaku pembimbing pertama dan Herman, S. Pd,M.Pd selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penilitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar. Tujuan penilitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian ini mengkaji tentang motorik kasar anak dan kegiatan gerak dan lagu. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B2 dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang, terdiri dari 3 laki-laki dan 12 perempuan serta 2 guru. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang dikumpulkan di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pada siklus I peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu masih berada pada kategori belum berkembang. Kemudian dilanjutkan pada siklus II terjadi peningkatan dan berada pada kategori sudah berkembang. Dengan demikian kegiatan gerak dan lagu efektif digunakan dalam peningkatan kemampuan motoirik kasar anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:01
Last Modified: 09 Jan 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26458

Actions (login required)

View Item View Item