PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATKAN KEMEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PELANGI DESA BONTORAJA KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

NUR ISLAMIAH (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATKAN KEMEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PELANGI DESA BONTORAJA KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (44kB)
[img] Text
PENGESAHAN dan Persetujuan UJIAN SKRIPSI.docx

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN AWAL.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (15kB)
[img] Text
lampiran 4.doc

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Nur Islamiah, 2015. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatkan Kememampuan Bahasa Ekspresif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pelangi Desa Bontoraja Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd. dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Metode Bermain Peran berpengaruh Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pelangi Desa Bonto Raja Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba ?. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Pelangi Desa Bonto Raja Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.Bermain peran yang digunakan adalah bermain peran makro dengan menggunakan scenario sesuai tema yaitu tanah longsor, kebakaran hutan, dan memelihara lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen sederhana. Ada dua fariabel yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu varibel bebas dan terikat. Dengan desain penelitian One GroupPretest-posttest Design. Definisi operasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlkuan, pemberian posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan perolehan nilai dibandingkan sebelum perlakuan dengan nilai. hasil T hitung (78) > T tabel (14) H₁ sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 3 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil Z hitung (3) > Z tabel (1,645 ) H₁ diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis diterima, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan bermain peran terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Pelangi Desa Bontoraja Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:54
Last Modified: 06 Jan 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item