PENERAPAN PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENINGKAT KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM NURUL QALBI KABUPATEN MAROS

NUR HARDIYANTI (2023) PENERAPAN PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENINGKAT KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM NURUL QALBI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Sampul.docx

Download (28kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (47kB)
[img] Text
isi.docx

Download (102kB)
[img] Text
Guru1.docx

Download (15kB)
[img] Text
Guru2.docx

Download (15kB)
[img] Text
Guru3.docx

Download (15kB)
[img] Text
Guru4.docx

Download (15kB)
[img] Text
Guru4.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran3.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (68kB)

Abstract

NUR HARDIYANTI, 2015, Penerapan Permainan Konstruktif dalam Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Qalbi Kabupaten Maros. Skripsi. dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd, M.Pd Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kreativitas melalui permainan konstruktif pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Qalbi Kabupaten Maros?. Tujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dalam permainan konstruktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat (4) komponen dalam setiap siklus, yaitu: Perencanaan, Pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran dan sekaligus menjadi Subyek penelitian adalah anak didik Kelompok B yang terdiri atas 15 anak didik serta 1 orang guru Kelompok B. Pengumpulan data melalui obsevasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan pengamatan pembelajaran melalui kegiatan yang dilakukan pada permainan konstruktif dalam meningkatkan kreativitas pada anak diperoleh data bahwa pada siklus I kinerja guru belum maksimal hal ini disebabkan guru dalam menjelaskan langkah-langkah pada kegiatan dalam permainan konstruktif belum begitu jelas sehingga anak kurang memahaminya dan hasilnya baru 5 orang anak didik yang mampu mengerjakkan tugas yang diberikan, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas yang terdiri dari: kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterperincian pada anak belum mencapai target yang diharapkan. Sedangkan Siklus II terjadi peningkatan kreativitas pada anak melalui kegiatan permainan konstruktif berada pada kategori baik, sehingga pada akhir siklus diperoleh hasil dari 15 jumlah anak didik di Kelompok B ada 13 orang anak yang sudah meningkat hal ini disebabkan guru dalam menjelaskan langkah-langkah dalam kegiatan pada permainan konstruktif sudah jelas sehingga anak dapat memahami dan 2 anak didik yang masih perlu bimbingan dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok B melalui permainan konstruktif di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Qalbi telah meningkat hal ini dapat diketahui dari anak didik karena anak telah menunjukkan kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterperincian pada kegiatan melalui permainan konstruktif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:12
Last Modified: 06 Jan 2023 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item