PENGARUH METODE GLENN DOMAN TERHADAPKEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASISI KOTA MAKASSAR

ANASTASIA ANDRIANI (2023) PENGARUH METODE GLENN DOMAN TERHADAPKEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASISI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (52kB)
[img] Text
1-5.docx

Download (100kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
lampiran 2.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 3- dokumentai.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hdup ku.docx

Download (40kB)

Abstract

ANASTASIA ANDRIANI. 2015. pengaruh metode glenn doman terhadap kemampuan membaca permulaan di taman kanak kanak katolik santo fransiskus asisi. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si selaku pembimbing I dan Azizah Amal, S.S, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Metode Glenn Doman Tehadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Taman Kanak Kanak Santo Fransiskus Katolik Asisi Di Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh metode glenn doman terhadap kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Santo Fransiskus Asisi Kota Makassar pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sederhana. Ada dua variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu variabel bebas adalah variabel yang berpengaruh yaitu metode glenn doman dan variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi yaitu kemampuan membaca permulaan anak. Dengan desain penelitian One Group Pretest-posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 anak yang terdiri 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui perencanaan, pemberi pretest, pemberian perlakuan, pemberian posttest dan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak mengalami peningkatan perolehan nilai dibandingkan sebelum perlakuan dengan nilai Thitung yang diperoleh yaitu3,67 dan Ttabel yaitu 40 maka diperoleh hasil Thitung (3,67) > Ttabel (40), sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh yaitu 0,09 dan Ztabel yaitu 1,645 maka diperoleh hasil Zhitung (0.09) > Ztabel(1,645). Dengan demikian hipotesis diterima, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh positif metode glenn doman terhadap kemampuan membaca permulaan di taman kanak-kanak Santo Fransiskus Asisi Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:37
Last Modified: 05 Jan 2023 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item