Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar

NUR SINTA (2023) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar.

[img] Text
S A M P U L.docx

Download (29kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (28kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (46kB)
[img] Text
S I N T A S K R I P S I BAB I - V.docx

Download (137kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (34kB)
[img] Text
sampul lampiran & dokumentasi.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Nur Sinta. 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar. Penulis telah menyelesaikan skripsi ini secara maksimal dengan bimbingan oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing pertama dan Dr. Pattaufi S.Pd, M.Si. Selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada kelompok A di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dengan melalui kegiatan mewarnai gambar kemampuan motorik halus pada kelompok A di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar akan meningkat. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai gambar. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan serta 1 guru. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pada siklus I peningkatan kemampuan motorik halus anak didik melalui kegiatan mewarnai gambar masih berada pada kategori masih kurang, dan siklus II peningkatan kemampuan motorik halus anak didik melalui kegiatan mewarnai gambar menunjukkan peningkatan dengan kategori baik. Dengan demikian kegiatan mewarnai gambar efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:47
Last Modified: 04 Jan 2023 03:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item