PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN PERCOBAAN SEDERHANA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH LIMBUNG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA”

FITRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN PERCOBAAN SEDERHANA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH LIMBUNG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA”.

[img] Text
SAMPUL, PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (55kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
Pembahasan.docx

Download (71kB)
[img] Text
Jadwal Pelajaran Tematik Kelas III.docx

Download (16kB)
[img] Text
Kisi-kisi instrumen.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (27kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (15kB)
[img] Text
RKH Ibu Firiani.docx

Download (62kB)

Abstract

Fitriani, 2014. Penigkatan Kemampuan Sains Permulaan Anak Melalui Kegiatan Percobaan Sederhana di Taman kanak – kanak Aisyiyah Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si sebagai pembimbing I dan Azizah Amal, S.S, M.Pd, sebagai pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah Peningkatan Kemampuan Sains Permulaan Anak Melalui Kegiatan Percobaan Sederhana di Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan sains permulaan anak melalui kegiatan percobaan sederhanadi Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Limbung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan sains permulaan anak melalui kegiatan percobaan sederhana. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Tehik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan sains permulaan anak melalui kegiatan percobaan sederhana dengan melihat rata-ratahasil observasi pada siklus I masih kurang optimal, dimana pelaksanaan dimana gruru tidak menjelaskan sepenuhnya dalam pelaksaaan pembelajaran. Hasil penelitian siklus II menunjukkan adanya peningkatan, hal ini disebabkan oleh karena cara guru yang sudah cara menjelaskan kepada anak kegiatan pembelajaran dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti anak dimana guru memotivasi sepenuhnya anak dalam kegiatan pembelajaran agar anak lebih giat dan semangat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:40
Last Modified: 21 Dec 2022 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item View Item