PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAPRASA AL-MUJAHIDIN TAKALAR

MULIANA RAHIMONG (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAPRASA AL-MUJAHIDIN TAKALAR.

[img] Text
hal 1.docx

Download (100kB)
[img] Text
hal 2.docx

Download (85kB)
[img] Text
hal 3.docx

Download (12kB)
[img] Text
hal 4.docx

Download (39kB)
[img] Text
hal 5.docx

Download (20kB)

Abstract

Muliana Rahimong, 2014. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Al-Mujahidin Takalar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Azizah Amal S.S., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak pada Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Al-Mujahidin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatkan kemampuan bahasa eksfresif anak pada Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Al-Mujahidin?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan bahasa ekspresif anak melalui metode cerita bergambar pada Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Al-Mujahidin Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah bahasa ekspresif anak dan metode cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan, dan siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelompok B serta anak kelompok B yang terdiri atas 10 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak dapat meningkat dengan menggunakan metode bercerita, guru sudah dapat melakukan kegiatan bercerita dengan menggunakan langkah-langkah bercerita. Anak mendengarkan cerita dengan sungguh-sungguh dan anak juga tertarik melihat cerita bergambar yang diperlihatkan sehingga mampu menghayati dan memahami isi cerita. Dengan memahami isi cerita yang disajikan, anak mampu mengungkapkan segala pikiran dan perasaanya sehingga mereka mampu menceritakan isi cerita yang telah didengarnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:40
Last Modified: 20 Dec 2022 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26186

Actions (login required)

View Item View Item