PENERAPAN TEKNIK BERMAIN BOLA UNTUK MENINGKATKANPERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 3 ARAWA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

MAHIRAH SAHEDE (2022) PENERAPAN TEKNIK BERMAIN BOLA UNTUK MENINGKATKANPERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 3 ARAWA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG.

[img] Text
sampul.docx

Download (72kB)
[img] Text
motto.docx

Download (28kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB1.docx

Download (128kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (1MB)
[img] Text
skenario RKH.docx

Download (22kB)
[img] Text
skenario RKH1.docx

Download (20kB)
[img] Text
skenario RKH2.docx

Download (20kB)

Abstract

MAHIRAH SAHEDE, 2014. Penerapan Teknik Bermain Bola Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 3 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi dibimbing oleh Dr, Parwoto, M.Pd dan hajerah, S.Pd.I., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan motorik kasar pada anak kelompok B melalui teknik bermain bola di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 3 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B melalui teknik bermain bola di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 3 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B melalui teknik bermain bola pada anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 3 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian guru dan anak khususnya pada kelompok B sebanyak 14 anak didik dan satu orang guru di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 3 Arawa kabupaten Sidenreng Rappang dalam kaitannya dengan upaya mengembangkan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain bola. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil observasi yang dilakukan pada siklus I menunjukkan pengembangan motorik kasar anak kategori rendah dari 14 anak yang diteliti. Pada siklus I pertemuan I belum ada anak yang masuk kategori sangat baik, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 3 anak yang masuk kategori sangat baik. Kemudian pada siklus II pertemuan Imeningkat menjadi 5 anak yang masuk kategori sangat baik, dan pada siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 11 anak yang masuk kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan perkembangan motorik kasar melalui teknik bermain bola di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 3 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang pada aspek anak mampu melempar bola, anak mampu menangkap bola dan anak mampu menendang bola sesuai dengan teknik bermain bola.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:41
Last Modified: 16 Dec 2022 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26158

Actions (login required)

View Item View Item