MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN BIJI-BIJIAN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS PALADANG KECAMATAN LANRISANG KABUPATEN PINRANG

ELVI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN BIJI-BIJIAN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS PALADANG KECAMATAN LANRISANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
01 SAMPUL.docx

Download (83kB)
[img] Text
02 ISI SKRIPSI.docx

Download (97kB)
[img] Text
04 LO ANAK 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
04 LO ANAK 2.docx

Download (31kB)
[img] Text
04 LO ANAK 3.docx

Download (31kB)
[img] Text
05 SKENARIO PEMBELAJARAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
06 RKH TK.docx

Download (38kB)
[img] Text
03 KISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
07 HASIL FOTO.docx

Download (3MB)
[img] Text
09 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

ELVI. 2014. Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Anak melalui Kegiatan Membentuk Kolase pada Anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 127 Kec. Patampanua Kab. Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd. M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan visual spasial anak dapat meningkat melalui kegiatan membentuk kolase pada anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 127 Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan visual spasial anak melalui melalui kegiatan membentuk kolase pada anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 127 Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 127 Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang dan subyek penelitiannya yaitu 12 orang anak kelompok B. Fokus penelitian yaitu peningkatan kemampuan visual spasial anak melalui kegiatan membentuk kolase. Rancangan tindakan terdiri dari dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya diolah secara kualitatif dengan standar pencapaian yang terbagi atas berkembang dengan sangat baik, berkembang sesuai harapan, mulai berkembang dan belum berkembang. Hasil penelitian siklus I indikator kepekaan anak terhadap warna, garis maupun bentuk dalam membuat kolase menunjukkan terdapat 8 orang anak yang mendapat hasil berkembang dengan sangat baik (****) dan 4 anak didik lainnya mendapat hasil berkembang sesuai harapan (***) kemudian indikator kemampuan anak untuk memadukan warna, garis maupun bentuk dalam membuat kolase menunjukkan pada siklus I terdapat 9 orang anak yang mendapat hasil berkembang sesuai harapan (***) dan 3 anak didik lainnya mendapat hasil mulai berkembang (**). Pada siklus II indikator kepekaan anak terhadap warna, garis maupun bentuk dalam membuat kolase menunjukkan terdapat 12 orang anak yang mendapat hasil berkembang dengan sangat baik (****) . kemudian indikator kemampuan anak untuk memadukan warna, garis maupun bentuk dalam membuat kolase menunjukkan pada siklus I terdapat 9 orang anak yang mendapat hasil berkembang sesuai harapan (***) dan 3 anak didik lainnya mendapat hasil mulai berkembang (**).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:15
Last Modified: 16 Dec 2022 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item