MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN BIJI-BIJIAN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS PALADANG KECAMATAN LANRISANG KABUPATEN PINRANG

HADRIAH. (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN BIJI-BIJIAN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS PALADANG KECAMATAN LANRISANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
hadriahpeng.docx

Download (78kB)
[img] Text
hadriah 11.docx

Download (266kB)
[img] Text
lo anak 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
lo anak 2.docx

Download (24kB)
[img] Text
lo anak 4.docx

Download (23kB)
[img] Text
lo anak 3.docx

Download (23kB)
[img] Text
lo guru 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
lo guru 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
lo guru 3.docx

Download (20kB)
[img] Text
KISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (14kB)

Abstract

HADRIAH. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Bermain Biji-Bijian di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Paladang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Hajerah, S.Pdi, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain biji-bijian di Kelompok B pada Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Paladang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain biji-bijian di Kelompok B pada Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Paladang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Paladang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang dan subyek penelitiannya yaitu 1 orang guru dan 15 orang anak kelompok B. Fokus penelitian yaitu kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain biji-bijian. Rancangan tindakan terdiri dari dua siklus yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya diolah secara kualitatif dengan standar pencapaian yang terbagi atas berkembang sesuai harapan, mulai berkembang dan belum berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain biji-bijian di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Paladang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang dapat dicapai secara lebih optimal. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan paparan data penelitian siklus I dimana sebahagian besar kemampuan mengenal konsep bilangan anak memiliki hasil belum berkembang. Hal tersebut karena guru kurang memberikan rangsangan yang tepat guna menunjang peningkatan konsep bilangan selain itu anak masih tidak fokus pada kegiatan bermain. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan memiliki hasil berkembang sesuai harapan oleh semua anak dan gurupun mampu memotivasi anak dalam kegiatan bermain biji-bijian sehingga seluruh anak mampu fokus dan termotivasi untuk terlibat aktif dalam prosesnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:03
Last Modified: 16 Dec 2022 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26152

Actions (login required)

View Item View Item