PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE IQRA PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DDI PAJALELE KABUPATEN PINRANG

NURDIA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE IQRA PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DDI PAJALELE KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (61kB)
[img] Text
instrument 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
instrument 2.docx

Download (18kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (29kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (29kB)
[img] Text
Siklus I-1.docx

Download (42kB)
[img] Text
Siklus I-2.docx

Download (38kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

Nurdia, 2014. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode iqra pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak DDI Pajalele Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri. Sofiani, M.Pd dan Azizah Amal, SS, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode iqra pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak DDI Pajalele Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode iqra pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak DDI Pajalele Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah kemampuan membaca permulaan dan metode iqra. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 11 anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak DDI Pajalele Kabupaten Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak kategori cukup karena anak belum mampu membaca permulaan melalui metode iqra dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik karena anak belum mampu membaca permulaan melalui metode iqra. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan membaca permulaan melalui metode iqra pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak DDI Pajalele Kabupaten Pinrang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:25
Last Modified: 15 Dec 2022 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26119

Actions (login required)

View Item View Item