Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo.

ROSDINDAH (2022) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo.

[img] Text
0 SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (70kB)
[img] Text
2 MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
1 ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 9 PRAKARTA.docx

Download (17kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
6 DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
4 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
5 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
7 BAB I,II,III,IV,V,DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (77kB)
[img] Text
lampiran 1 FORMAT REKAPITULASI SIKLUS I DAN SIKLUS I1.docx

Download (13kB)
[img] Text
lampiran 2 HASIL OBSERVASI ANAK PADA SIKLUS I baru.docx

Download (15kB)
[img] Text
lampiran 3 HASIL OBSERVASI ANAK PADA SIKLUS I.docx

Download (19kB)
[img] Text
lampiran 4 LEMBAR OBSERVASI GURU.docx

Download (17kB)
[img] Text
lampiran 5 LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS ANAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
lampiran 11 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (76kB)

Abstract

ROSDINDAH, 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Skripsi dibimbing oleh : Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegitan menganyam di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Subjek Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Subjek penelitian adalah kelompok B yang terdiri dari 14 orang 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menganyam di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo, dalam hal meningkatkan kemampuan motorik halus. Pada siklus I kegiatan menganyam belum terlaksana dengan baik, hal ini disebabkan kurangnya bimbingan dan motivasi yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri. Pada siklus II kegiatan kegiatan menganyam sudah terlaksana dengan baik dan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo sudah tercapai dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari observasi kegiatan guru pada siklus II yang menunjukkan hasil yang maksimal pada saat kegiatan menganyam anak sudah mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Dengan demikian kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Taman Kanak-Kanak PGRI Cenranae Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:13
Last Modified: 14 Dec 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item View Item