PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 169 KAMPUNG BARU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Satriani. (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 169 KAMPUNG BARU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (76kB)
[img] Text
bab I-III.docx

Download (65kB)
[img] Text
IV-V.docx

Download (77kB)
[img] Text
rkh 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
rkh 2.docx

Download (28kB)
[img] Text
SIKLUS 1.docx

Download (42kB)
[img] Text
SIKLUS 2.docx

Download (42kB)

Abstract

Satriani. 2014. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, SS, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah media permainan congklak dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:11
Last Modified: 14 Dec 2022 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item