PENGARUH KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI KELAS B PAUD TERPADU DELIMA KOTA MAKASSAR

AULIA RAMADHANI BUSRAH (2022) PENGARUH KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI KELAS B PAUD TERPADU DELIMA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01 SAMPUL.docx

Download (29kB)
[img] Text
02 LAMPIRAN I.docx

Download (30kB)
[img] Text
03 BAB I - V.docx

Download (253kB)
[img] Text
04 LAMPIRAN II.docx

Download (82kB)
[img] Text
LAMPITAN foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
05 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (97kB)

Abstract

AULIA RAMADHANI BUSRAH. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Anak Di Kelas B PAUD Terpadu Delima Kota Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan selaku pembimbing 1 dan Azizah Amal, S.S, M.Pd selaku pembimbing 2. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Untuk mengoptimalkan kemampuan menyimak anak diperlukan media pembelajaran yang efektif digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan bercerita dengan media audio visual terhadap kemampuan menyimak anak khususnya di Kelas B PAUD Terpadu Delima Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan bercerita dengan media audio visual terhadap kemampuan menyimak anak di Kelas B PAUD Terpadu Delima Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Defenisi operasional dalam penelitian ini adalah media audio visual yaitu berupa video dan kemampuan menyimak anak. Populasi terdiri dari 24 anak dengan sampel penelitian terdiri dari 24 anak dengan 12 anak ditetapkan sebagai kelompok kontrol dan 12 anak sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik total sampling. Prosedur penelitian meliputi observasi awal dan pengurusan izin penelitian, penentuan kelompok, pemberian perlakuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta melakukan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tes kemampuan menyimak dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji hipotesis, yang pemenuhannya melalui persyaratan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil kemampuan meyimak bagi kelompok anak yang mengikuti kegitan bercerita dengan media audio visual termasuk kategori tinggi sedangkan hasil kemampuan menyimak bagi kelompok anak yang mengikuti pembelajaran Konvensional yang tidak menggunakan media audio visual dalam pembelajaran termasuk kategori sedang. Sehingga kegiatan bercerita dengan media audio visual terdapat pengaruh efektif terhadap kemampuan menyimak anak di kelas B PAUD Terpadu Delima Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:47
Last Modified: 06 Dec 2022 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26014

Actions (login required)

View Item View Item