Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar

Husniah. (2022) Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sampul.docx

Download (16kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (29kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (49kB)
[img] Text
gambar kegiatan.docx

Download (1MB)
[img] Text
gambar seri.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

Husniah. 2014. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita dengan gambar seri di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita dengan gambar seri di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 4 (empat) komponen yaitu : Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelompok A1adalah 1 orang guru dan 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, sehingga data-data yang terungkap melalui observasi dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif gunanya mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif yaitu dengan skor rata-rata, persentase, nilai tertinggi dan nilai terendah yang dicapai. Dan hasilnya dari penelitian menunjukkan kemampuan menyimak anak pada siklus I berada pada kategori kurang menjadi cukup karena anak belum mampu mendengarkan cerita dan menceritakan kembali, anak belum mampu menyebutkan tokoh dalam cerita dengan baik dan anak belum mampu melakukan 2 perintah secara sederhana dengan baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata kemampuan menyimak anak berada pada kategori cukup menjadi baik karena anak sudah mampu mendengarkan cerita dan menceritakan kembali dengan baik, anak sudah mampu menyebutkna tokoh dalam cerita dan anak sudah mampu melakukan 2 perintah secara sederhana. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita dengan gambar seri di Taman Kanak-kanak Terata Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:46
Last Modified: 06 Dec 2022 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26006

Actions (login required)

View Item View Item