PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DITAMAN KANAK-KANAK AN-NAJIYAH DESA BONTOMACINNA KECAMATANGANTARANG KABUPATENBULUKUMBA

ISMATUL AULIYAH YA’LA (2022) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DITAMAN KANAK-KANAK AN-NAJIYAH DESA BONTOMACINNA KECAMATANGANTARANG KABUPATENBULUKUMBA.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (21kB)
[img] Text
2. lampiran depan.docx

Download (56kB)
[img] Text
3. bab 1 2 dan 3.docx

Download (68kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. lampiran instrumen.docx

Download (24kB)
[img] Text
8. lampiran observasi.docx

Download (70kB)
[img] Text
RENCANA KERJA HARIA1.docx

Download (42kB)
[img] Text
9. dokumentasi penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

ISMATUL AULIYAH YA’LA, 2014. Penggunaan Media Flashcard dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak An-Najiyah, Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Abd. Karim H. Ahmad, M.Pd dan Muhammad Yusri B, S.Pd, M.pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Taman Kanak-kanak An-Najiyah Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Taman Kanak-kanak An-Najiyah Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan flashcard pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak An-Najiyah Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan flashcard pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak An-Najiyah Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing empat kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak An-Najiyah Desa Bontomacinna kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang terdiri atas 12 anak didik serta 2 orang guru kelompok B. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak An-Najiyah Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, hal ini dapat dilihat dari anak sudah mampu membaca gambar yang memiliki kata sederhana dan mampu menghubungkan gambar dengan kata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:54
Last Modified: 06 Dec 2022 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25997

Actions (login required)

View Item View Item