PIKA HARDIANTI RUKMAN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN KARTU HURUF DENGAN PAPAN FLANNEL DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MAMAJANG KOTA MAKASSAR.
Text
1 halaman sampul.docx Download (37kB) |
|
Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (29kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (39kB) |
|
Text
4 motto.docx Download (15kB) |
|
Text
5 abstak.docx Download (16kB) |
|
Text
6 prakata.docx Download (17kB) |
|
Text
7 daftar isi.docx Download (17kB) |
|
Text
8 daftar tabel.docx Download (16kB) |
|
Text
9 daftar gambar.docx Download (15kB) |
|
Text
10 daftar lampiran.docx Download (15kB) |
|
Text
11 BAB I.docx Download (20kB) |
|
Text
12 BAB II.docx Download (30kB) |
|
Text
16 daftar pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
17 lampiran.docx Download (3MB) |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP.docx Download (50kB) |
Abstract
Pika Hardianti Rukman, 2014. Peningkatan Kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan kartu huruf dengan papan flannel di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar. Skripsi ini di bimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Herman, S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah bagaimanakah menerapkan penggunaan kartu huruf dengan papan flannel untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar ? Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui kegiatan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Fokus Penelitian peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan kartu huruf dengan papan flannel di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar, dengan Subjek Penelitian adalah 15 orang anak didik, 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan berusia 5-6 tahun dan 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan kartu huruf dengan papan flannel dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan indikator mengenal huruf anak awal dari nama-nama benda yang ada di sekitarannya, Mengelompokkan tulisan kata yang memiliki huruf awal yang sama, menghubungkan gambar dengan kata. Melalui kartu huruf di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar. Menggunakan kartu huruf dengan papan flannel dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 01:42 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 01:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25988 |
Actions (login required)
View Item |