PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS SEJAHTERA MAJANNANG KECAMATAN PARIGI KABUPATEN GOWA

S U R Y A N I (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS SEJAHTERA MAJANNANG KECAMATAN PARIGI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul Lengkap.docx

Download (42kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (139kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (104kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (57kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN BAHAN ALAM.docx

Download (92kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (45kB)

Abstract

SURYANI, 2014 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Bahan Alam Di Taman Kanak-Kanak Tunas Sejahtera Majannang Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain bahan alam di Taman Kanak-Kanak Tunas Sejahtera Majannang ?, Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain bahan alam di Taman Kanak-Kanak Tunas Sejahtera Majannang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Tunas Sejahtera Majannang dengan Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan Standar pencapaian yang ingin diamati adalah kemampuan motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain bahan alam di Taman Kanak-Kanak Tunas Sejahtera Majannang ditempuh melalui kegiatan bermain pasir, membuat bentuk tikar dengan daun pisang dan membuat berbagai bentuk dari tanah liat, melalui kegiatan tersebut kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan dalam hal melenturkan jari dan melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan. Pada siklus I peningatan motorik halus anak belum mengalami peningatan yang maksimal hal ini dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri ketimbang bermain bahan alam. Pada siklus II peningkatan kemampuan motorik halus anak sudah mengalami perkembangan, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki dan menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus anak. Hal ini dapat dilihat pada saat kegiatan bermain bahan alam anak sudah mampu melenturkan jari rumah, tikar dan meja, selain itu anak juga sudah mampu melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain bahan alam.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:25
Last Modified: 02 Dec 2022 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25921

Actions (login required)

View Item View Item