PENINGKATAN PERILAKU KEMANDIRIAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH AMANAH LUTANG KABUPATEN MAJENE

RAHAYU (2022) PENINGKATAN PERILAKU KEMANDIRIAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH AMANAH LUTANG KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
Rahayupeng.docx

Download (108kB)
[img] Text
Rahayu5.docx

Download (140kB)
[img] Text
kisi 2 rahayu.docx

Download (19kB)
[img] Text
lo guru.docx

Download (38kB)
[img] Text
lo2 anak 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
lo2 anak 2.docx

Download (30kB)
[img] Text
lo2 anak 3.docx

Download (29kB)
[img] Text
lo2 anak4.docx

Download (30kB)

Abstract

RAHAYU. 2013. Peningkatan Perilaku Kemandirian Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah bagaimanakah peningkatan perilaku kemandirian anak melalui metode bercerita dengan gambar seri Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan perilaku kemandirian melalui metode bercerita dengan gambar seri pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene yang beralamat di Jl. Puang Monda Komp. Perumahan Lutang Kelurahan Tande Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Propinsi Sulawesi Barat dengan subyek penelitian yaitu 1 orang guru dan 20 orang anak kelompok B. Rancangan tindakan yang diberikan berupa penerapan metode bercerita dengan gambar seri dalam meningkatkan perilaku kemandirian pada anak di taman kanak-kanak yang dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi kemudian analisis datanya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku kemandirian anak melalui media gambar seri dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori baik. Aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan antaralain yang ditandai dengan kemampuan makan sendiri, merapikan alat makan setelah digunakan, memakai sepatu sendiri, kemampuan ke kamar mandi sendiri dan buang air kecil sendiri serta merapikan mainan sendiri setelah digunakan terpenuhi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:28
Last Modified: 30 Nov 2022 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25842

Actions (login required)

View Item View Item