PENINGKATAN PERILAKU MORAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKATANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR

NOVIANI (2022) PENINGKATAN PERILAKU MORAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKATANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (71kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (48kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran (Lama).docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (598kB)
[img]
Preview
Image
Foto0493.jpg

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Foto0494.jpg

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Foto0495.jpg

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Foto0496.jpg

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Foto0497.jpg

Download (91kB) | Preview
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (145kB)

Abstract

Noviani, 2013. Peningkatan Perilaku Moral Anak melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan perilaku moral anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar?”. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode bercerita dan perilaku moral. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B2 berjumlah 15 anak didik yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan yakni: pada siklus I, hanya sebagian anak yang perilaku moralnya meningkat. Hal ini disebabkan pelaksanaan metode bercerita dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Pada siklus II, perilaku moral anak meningkat dimana anak sudah mampu berterima kasih bila memperoleh sesuatu, membedakan baik dan buruk, tidak memotong pembicaraan orang lain, serta mau mengalah. Selain itu, guru telah melaksanakan keseluruhan langkah-langkah bercerita dengan baik. Sebagai kesimpulan, metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan perilaku moral anak di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:07
Last Modified: 30 Nov 2022 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25839

Actions (login required)

View Item View Item