NOVIANI (2022) PENINGKATAN PERILAKU MORAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKATANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR.
Text
Daftar Isi.docx Download (71kB) |
||
Text
Bab 1.docx Download (31kB) |
||
Text
Bab 2.docx Download (48kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
||
Text
Lampiran-Lampiran.docx Download (1MB) |
||
Text
Lampiran-Lampiran (Lama).docx Download (1MB) |
||
Text
Lampiran - Dokumentasi.docx Download (598kB) |
||
|
Image
Foto0493.jpg Download (88kB) | Preview |
|
|
Image
Foto0494.jpg Download (85kB) | Preview |
|
|
Image
Foto0495.jpg Download (93kB) | Preview |
|
|
Image
Foto0496.jpg Download (82kB) | Preview |
|
|
Image
Foto0497.jpg Download (91kB) | Preview |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (145kB) |
Abstract
Noviani, 2013. Peningkatan Perilaku Moral Anak melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan perilaku moral anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar?”. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode bercerita dan perilaku moral. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B2 berjumlah 15 anak didik yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan yakni: pada siklus I, hanya sebagian anak yang perilaku moralnya meningkat. Hal ini disebabkan pelaksanaan metode bercerita dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Pada siklus II, perilaku moral anak meningkat dimana anak sudah mampu berterima kasih bila memperoleh sesuatu, membedakan baik dan buruk, tidak memotong pembicaraan orang lain, serta mau mengalah. Selain itu, guru telah melaksanakan keseluruhan langkah-langkah bercerita dengan baik. Sebagai kesimpulan, metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan perilaku moral anak di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 03:07 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 03:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25839 |
Actions (login required)
View Item |