PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS JARI (FINGER PAINTING) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SENDANA KABUPATEN MAJENE

RAMLAH (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS JARI (FINGER PAINTING) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SENDANA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (55kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (57kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (29kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (29kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (43kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (42kB)
[img] Text
Skenario kegiatan melukis jari.doc

Download (29kB)
[img] Text
Foto Skripsi.doc

Download (1MB)
[img] Text
DOKUMENTASE PENELITIAN INDRA.docx

Download (824kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

RAMLAH, 2013. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Markus Tikko Parambuan, M. Si sebagai pembimbing I dan Dra. Hj. Bulkis Said, M,Si sebagai pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Teknik permainan lukis jari (finger painting) dan 2) Kreativitas anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan sebanyak 21 anak TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian yaitu siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup karena hanya sebagian langkah-langkah kegiatan melukis jari yang terlaksana dan aktivitas belajar anak kategori cukup karena hanya sebagian kreativitas anak yang terlaksana dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik karena semua langkah-langkah kegiatan melukis jari dan indikator kreativitas anak yang terlaksana. Sehingga dapat disimpulkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:32
Last Modified: 30 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25832

Actions (login required)

View Item View Item