Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Bermain Leg Puzzle pada Taman kanak-kanak Nurul Iman Dadeko Kabupaten Luwu.

MARDIAH (2022) Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Bermain Leg Puzzle pada Taman kanak-kanak Nurul Iman Dadeko Kabupaten Luwu.

[img] Text
pengesahan mardiah.docx

Download (42kB)
[img] Text
MOTTO Mardiah.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI dan pengesahan pembimbing.docx

Download (45kB)
[img] Text
Skripsi Mardiah.doc

Download (4MB)
[img] Text
FOTO KEGIATAN skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (74kB)

Abstract

MARDIAH, 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Bermain Leg Puzzle pada Taman kanak-kanak Nurul Iman Dadeko Kabupaten Luwu. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd selaku pembimbing I dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing kedua pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah kemampuan berhitung dapat ditingkatkan melalui bermain Leg Puzzle pada kelompok B di TK Nurul Iman Dadeko Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningktan kemampuan berhitung melalui bermain Leg Puzzle pada kelompok B di TK Nurul Iman Dadeko Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian tindakan kelas. setting penelitian ini Taman Kanak-kanak Nurul Iman Dadeko pada tahun ajaran 2012-2013, sedangkan yangmenjadi subjek menelitian adalah 1 orang guru yang mengajar dan 14 orang anak didik di Taman kanak-kanak tersebut, data dijaring dan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dilihat dari siklus I melalui permainan Leg Puzzle masih kurang, hal ini karena kemampuan anak didik dalam berhitung masih rendah, kurang tersedianya media pembelajaran berhitung yang menyenangkan bagi peserta didik, kurangnya kreativitas guru dalam penyampaian pembelajaran berhitung di Taman Kanak-kanak Nurul Iman Dadeko. Ternyata setelah menggunakan permaianan Leg Puzzle sebagai media pembelajaran berhitung pada siklus II anak mampu menghitung kepingan Leg Puzzle sesuai urutan bilangan 1-15 dengan benar. Selain itu anak senantiasa antusias dalam mengikuti kegiatan bermain Leg Puzzle. Dalam proses pembelajaran ternyata permainan Leg Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik Taman Kanak-kanak Nurul Iman Dadeko Kabupaten Luwu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:10
Last Modified: 29 Nov 2022 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25820

Actions (login required)

View Item View Item