MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK PERTIWI XIII PUSSANTI KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI

SELVI WIDIASTUTI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK PERTIWI XIII PUSSANTI KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (73kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (38kB)
[img] Text
Kisi-Kisi Instrumen.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (885kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (56kB)

Abstract

Selvi Widiastuti, 2013. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Bercerita dengan media buku bergambar di TK Pertiwi XIII Pussanti Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Skripsi dibimbing oleh Dr. Syamsul Bachri Gaffar, M.Si dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan Kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media buku bergambar di TK Pertiwi XIII Pussanti Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media buku bergambar di TK Pertiwi XIII Pussanti Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode Bercerita dan Kemampuan berbicara. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru anak kelas B berjumlah 14 anak didik yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, Kemampuan berbicara anak belum meningkat. Dalam bercerita, guru kurang menerapkan langkah-langkah bercerita dengan baik. Pada siklus II, Kemampuan berbicara anak meningkat dimana anak mampu mengungkapkan perasaan dengan kata senang dan gembira, anak mampu mengutarakan pendapat, serta anak mampu melanjutkan sebagian cerita yang telah diperdengarkan. Dalam bercerita, guru telah menerapkan langkah-langkah bercerita dengan maksimal. Sebagai kesimpulan, metode bercerita dengan media buku bergambar dapat meningkatkan Kemampuan berbicara anak di di TK Pertiwi XIII Pussanti Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:00
Last Modified: 28 Nov 2022 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item View Item