PENERAPAN BERMAIN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI III ISOMPA CABENGE KABUPATEN SOPPENG

DELY ARFIANTI BORIF PENERAPAN BERMAIN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI III ISOMPA CABENGE KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Judul 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
Judul Skripsi Yeyen.docx

Download (40kB)
[img] Text
Skripsi Yeyen.doc

Download (355kB)
[img] Text
Lampiran RKH.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP Yeyen.docx

Download (38kB)

Abstract

DELY ARFIANTI BORIF. 2012. “Penerapan Bermain Tradisional Congklak Dalam meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng” Skripsi dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Bapak Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan Universitas negeri Makassar. Penelitian ini merumuskan masalah apakah bermain tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan bermain tradisional congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu Pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan unit analisis 14 orang anak dan 1 orang guru. Pengempuluan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan 4 (Empat) komponen kegiatan yang terdiri dari pengumpulan data, mengklasifikasi data, mereduksi data, dan menverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng. Hal ini terungkap melaui hasil observasi pada aktivitas belajar yang anak lakukan, selain itu tampak pada hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan bermain tradisional congklak, kemampuan berhitung pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:25
Last Modified: 18 Nov 2022 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item View Item