SITTI MASITA (2022) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA XX-53 PAMPANG KOTA MAKASSAR.
Text
di.docx Download (49kB) |
|
Text
masita9.docx Download (135kB) |
|
Text
lomasita2.docx Download (53kB) |
|
Text
kisimasita2.docx Download (32kB) |
Abstract
SITTI MASITA. 2012. Penerapan Media Gambar dalam Berbahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-53 Pampang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Azizah Amal, S.S M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah penelitian ini yaitu apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan bahasa reseptif anak di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-53 Pampang Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa reseptif anak melalui media gambar di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-53 Pampang Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa resptif pada anak di taman kanak-kanak. Subyek penelitiannya yaitu 1 orang guru dan 23 orang anak kelompok B2. Rencana tindakan yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi dan analisis datanya secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan kemampuan bahasa reseptif melalui media gambar pada anak dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori masih perlu bimbingan, mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori sangat baik dan penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak secara lebih optimal dan maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 02:59 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 02:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25513 |
Actions (login required)
View Item |