PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MOZAIK DENGAN MEDIA KERTAS DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR

SUSI SUSANTI (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MOZAIK DENGAN MEDIA KERTAS DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL HASIL PENELITIANKU.docx

Download (27kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 KISI-KISI INSTRUMENT.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 OBSERVASI GURU.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 OBSERVASI ANAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 RKH SIKLUS 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

Susi Susanti, 2012. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Mozaik Dengan Media Kertas di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kreativitas anak dalam bermain mozaik dengan media kertas di TK Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain mozaik dengan media kertas di TK Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setting penelitian ini adalah TK Bhayangkari Panaikang yang terletak di kota makassar. Subyek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak didik kelompok B2 berjumlah 16 orang anak didik terdiri dari 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan dikelompok B2. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak melalui bermain mozaik dengan media kertas dapat meningkatkan kreatif anak di Taman Kanak – Kanak Bhayangkari Panaikang. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus yaitu siklus I hasil yang diperoleh selama 3 kali pertemuan yaitu Anak didik masih kurang kreatif dalam melaksanakan kegiatan bermain mozaik dengan media kertas sehingga dilaksanakan siklus II. Pada siklus ke II diperoleh hasil pada pertemuan 1 dan 2 kreatif anak bermain mozaik masih pada kategori cukup kemudian pada pertemuan ke 3 kreatif anak bermain mozaik berada pada kategori baik sehingga dari siklus I dan siklus II anak didik sudah meningkat dalam melaksanakan kegiatan mozaik dengan baik. maka anak dapat menyelesaikan kegiatan bermain mozaik dengan media kertas dengan baik di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar setelah guru menerapkan pendekatan ini, maka peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain mozaik dengan media kertas dapat tercapai secara efektif di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 05:25
Last Modified: 16 Nov 2022 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25485

Actions (login required)

View Item View Item