PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE GLENN DOMAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK BINA ILMU KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE

AFRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE GLENN DOMAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK BINA ILMU KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE.

[img] Text
APPI SAMPUL.docx

Download (89kB)
[img] Text
APPI SKRIPSI BAB I DAN II.docx

Download (57kB)
[img] Text
APPI RKH.docx

Download (67kB)
[img] Text
APPI KISI-KISI.docx

Download (43kB)

Abstract

AFRIANI, 2012. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode GlannDoman di Taman Kanak-Kanak Bina Ilmu Kecamatan Bengo Kabupaten Bone, Skripsi, dibimbing oleh Dr. Parwoto M,Pd dan Arifin Manggau S.Pd, M.Pd., Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada Taman Kanak-Kanak Bina Ilmu Kecamatan Bengo Kabupaten bone. Dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak taman kanak-kanak dengan mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dimana guru sengaja membuat suatu tindakan untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan membaca permulaan anak taman kanak-kanak. Unit analisis dalam penelitian ini adalah anak didik taman kanak-kana Bina Ilmu dengan subjek penelitian adalah anak didik kelompok B1 yang berjumlah 13 orang. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak taman kanak-kanak Bina Ilmu melalui tiga tahap yaitu :Tahap pengenalan kata tunggal dengan hasil yang dilaksanakan pada siklus I dengan hasil pada pertemuan 1 memperoleh hasil dengan kategori (kurang) pada pertemuan 2 hasil Kategori (sedang) dan pada pertemuan III dengan hasil kategori (baik). Tahap II yaitu pengenalan gabungan dua kata yang di laksanakan pada siklus II dengan hasil pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 kemampuana anak kategori (sedang) dan pada pertemuan 3 dengan hasil Kategori (baik). Tahap pengenalan kalimat sederhana yang dilaksanakan pada siklus III melalui kegiatan menirukan kalimat sederhana pertemuan 1 dan 2 hasil kemampuan anak kategori (baik) namun kegiatan menyebutkan kembali kata yang telah didengar dengan hasil kemampuan anak pada pertemuan 1 kategori (kurang) menjadi (sedang) pada pertemuan 2. Sebagai kesimpulan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak Taman Kanak-Kanak Bina Ilmu mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Glann Doman dimana anak diajar membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:06
Last Modified: 14 Nov 2022 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25450

Actions (login required)

View Item View Item