PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN ELIM TAMALANREA MAKASSAR

YULIANTI (2022) PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN ELIM TAMALANREA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (73kB)
[img] Text
2 isi.docx

Download (64kB)
[img] Text
Lampiran I new SKRIPSI.docx

Download (35kB)
[img] Text
foto yilianti.docx

Download (334kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

Yulianti 2012 Pengembangan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Bermain Di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Farida Febriati, S.S., M.Si masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prilaku sosial anak di TK Elim Tamalanrea Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Elim Tamalanrea Makassar. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang mengembangkan perilaku sosial. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Pengembangan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori baik dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar dapat ditandai dengan meningkatnya anak bisa bekerja sama, bersikap ramah, menunjukkan kepedulian dan menunjukkan sikap menghargai dan menghormati.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:53
Last Modified: 11 Nov 2022 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25428

Actions (login required)

View Item View Item