PENERAPAN MEDIA GRAFIS SKETSA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA MURIDTUNARUNGU KELAS DASAR V DI SLB NEGERIPEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

ANDI VIRA YUNIAR. (2022) PENERAPAN MEDIA GRAFIS SKETSA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA MURIDTUNARUNGU KELAS DASAR V DI SLB NEGERIPEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
COVER.doc

Download (35kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (66kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc

Download (28kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (64kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI dkk.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (63kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (113kB)
[img] Text
dapus.doc

Download (37kB)
[img] Text
DATA hasil penel..docx

Download (29kB)
[img] Text
foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
instrumen 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
instrumen 2.docx

Download (17kB)
[img] Text
instrumen 3.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (120kB)

Abstract

ANDI VIRA YUNIAR. 2012. Penerapan Media Grafis Sketsa Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Drs. M. Shodiq, AM, M. Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media Grafis Sketsa dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan murid tunarungu kelas dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A (Baseline 1) --- B(Intervensi) --- A (Baseline 2). Populasi penelitian adalah murid tunarungu Kelas Dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 4 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes obyektif berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi bacaan murid tunarungu kelas dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada fasebaseline 1 (A1), pembelajaran memahami isi bacaan dilakukan tanpa menggunakan media grafis sketsa menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi bacaan keempat subjek penelitian belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Pada fase intervensi (B) melalui penerapan media Grafis sketsa yang dilaksanakan dalam pembelajaran memahami isi bacaan menunjukkan hasil yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dari empat orang murid tunarungu kelas dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan telah terdapat dua orang murid yaitu subyek Ans dan Fqh yang kemampuan memahami isi bacaannya berada di atas kriteria ketuntasan minimal, sedangkan subjek Fjr dan Kvn tetap berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Walaupun demikian hasil intervensi (B) yang dilakukan telah menunjukkan peningkatan kemampuan memahami isi bacaan pada keempat subjek penelitian tersebut. Pada fase baseline 2 (A2) kemampuan memahami isi bacaan dari keempat subjek penelitian yaitu subyek Fjr, Ans, dan Fqh telah berada di atas kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan, sedangkan subjek Kvn tetap tidak berhasil mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media Grafis sketsa dapat membantu meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan murid tunarungu kelas dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:15
Last Modified: 10 Nov 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item