MUSDALIFA (2022) PROKRASTINASI AKADEMIK DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA 2 ORANG ANAK DI SMP NEGERI 2 ALLA).
Text
halaman depan.docx Download (40kB) |
|
Text
Abstrak baru.doc Download (238kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (47kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (143kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (50kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (33kB) |
|
Text
11. HASIL WAWANCARA ORANG TUA AR.doc Download (27kB) |
|
Text
12. Hasil Wawancara Orang Tua PT.docx Download (18kB) |
|
Text
13. HASIL WAWANCARA TEMAN AR.doc Download (26kB) |
|
Text
14. HASIL WAWANCARA TEMAN PT.doc Download (26kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.doc Download (8MB) |
|
Text
14. HASIL WAWANCARA TEMAN PT.doc Download (26kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (34kB) |
Abstract
MUSDALIFA. 2015. Skripsi. Prokrastinasi Akademik Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 2 Orang Anak Di SMP Negeri 2 Alla). Dibimbing oleh Abdullah Sinring dan Alimuddin Mahmud. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Alla dengan jumlah 2 Siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 2 Alla dilihat dari perspektif konseling pendekatan person centered?. (2) Faktor-faktor apa yang menyebabkan prokrastinasi akademik dilihat dari perspektif konseling pendekatan person centered? (3) Bagaimana proses konseling person centered pada siswa yang memiliki prokrastinasi akademik?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 2 Alla dilihat dari perspektif konseling pendekatan person centered (2) Faktor-faktor yang menyebabkan prokrastinasi akademik dilihat dari perspektif konseling pendekatan person centered (3) Proses konseling person centered pada siswa yang memiliki prokrastinasi akademik. Subjek penelitian ini diberi perlakuan untuk mengetahui bagaimana tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 2 Alla. Di akhir penelitian ini akan diberikan perlakuan untuk mengetahui pengaruh pemberian konseling person centered dalam mengatasi prokrastinasi akademik siswa. Instrumen pengukurandalam penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) Prokrastinasi akademik yang dialami oleh siswa SMP Negeri 2 Alla termasuk prokrastinasi akademik yang tinggi. Hal tersebut ditandai dengan perilaku siswa yang sering menunda pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, menunda mengerjakan PR di rumah sehingga diselesaikan di sekolah, tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, belajar dengan menggunakan metode “SKS” (sistem kejar semalam), belajar ketika akan menghadapi ujian, serta menunda mencatat materi pelajaran yang diberikan guru di sekolah. (2) Faktor-faktor penyebab konseli melakukan prokrastinasi akademik adalah lingkungan sebaya, pola belajar dan fasilitas belajar, faktor keluarga motivasi dan minat belajar, dan kemampuan intelegensi dari siswa. (3) Penerapan konseling person centered menekankan pada kecakapan konseli untuk menentukan pemecahan masalah dirinya yakni prokrastinasi akademik. Setelah mengikuti konseling person centered, terjadi perubahan dalam diri konseli yang awalnya memiliki prokrastinasi akademik tinggi menjadi prokrastinasi akademik rendah yang ditandai dengan konseli tidak menunda-nunda pekerja rumah yang diberikan oleh guru, menyelesaikan tugas yang diberikan tepat pada waktunya, dan mencatat materi pelajaran di kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 07:00 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 07:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24543 |
Actions (login required)
View Item |