PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKANPENYESUAIAN DIRI SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI SMA KARTIKA WIRABUANA-1 MAKASSAR

KURNIATI (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKANPENYESUAIAN DIRI SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI SMA KARTIKA WIRABUANA-1 MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (38kB)
[img] Text
pengantar skripsi Nia.docx

Download (75kB)
[img] Text
lagi skripsi Nia 2.docx

Download (122kB)

Abstract

Kurniati, 2011. Skripsi. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Analisis Transaksional untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa dengan Teman Sebaya Di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar. Dibimbing oleh Alimuddin Mahmud dan Kustiah Sunarty. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar sebelum (pretest) dan sesudah (postest) diberikan konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional. 2. Apakah ada pengaruh pemberian konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar sebelum (pretest) dan sesudah (postest) diberikan konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional. 2. Untuk mengetahui pengaruh pemberian konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya SMA Katika Wirabuana-1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 30 subjek penelitian, masing-masing 15 subjek untuk kelompok eksperimen dan 15 subjek untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas XI IPA3 dan XI IPA4 SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar 2010/2011. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran Tingkat penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya di SMA Kartika Wurabuana-1 Makassar sebelum perlakuan berada pada kategori sedang akan tetapi sesudah diberi perlakuan berupa konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan analisis transaksional tingkat penyesuaian diri siswa dengan teman sebayanya mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. (2) Ada pengaruh positif pemberian konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional terhadap meningkatnya penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya Di SMA Kartika Wirabuana-1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:31
Last Modified: 02 Aug 2022 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24153

Actions (login required)

View Item View Item