PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 WATAMPONE

Andi Isnawaty. (2022) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 WATAMPONE.

[img] Text
Sampul luar pr.docx

Download (144kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI pr.docx

Download (75kB)
[img] Text
PROPOSAL IZNA pr.docx

Download (145kB)

Abstract

Andi Isnawaty. Skripsi. 2011. Penerapan Model Group Investigation Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Watampone. Dibimbing oleh Abdullah Sinring, dan Farida Aryani, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan model group investigation dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 3 Watampone. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran kemampuan perencanaan karir siswa sebelum dan setelah diberikan informasi melalui model group investigation dalam bimbingan kelompok di SMA Negeri 3 Watampone? 2) Apakah ada pengaruh penerapan model group investigation dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan perencanaan karir siswa di SMA Negeri 3 Watampone? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan perencanaan karir siswa sebelum dan setelah diberikan model group investigation dalam bimbingan kelompok 2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian model group investigation dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan perencanaan karir siswa SMA Negeri 3 Watampone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pretest-posttest control group design terhadap 50 sampel penelitian, masing-masing 25 sampel untuk eksperimen dan 25 sampel untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Watampone pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Gambaran tingkat perencanaan karir siswa di SMA Negeri 3 Watampone sebelum diberi perlakuan pada kategori rendah. Setelah diberi perlakuan tingkat perencanaan karir siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori tinggi. (2) Terdapat pengaruh positif terhadap penerapan model group investigation dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perencanaan karir siswa, artinya model group investigation dapat meningkatkan perencanaan karir siswa di SMA Negeri 3 Watampone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:33
Last Modified: 01 Aug 2022 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item View Item