PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMPN 1 BANGKALA KAB. JENEPONTO

ASRI INDASARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMPN 1 BANGKALA KAB. JENEPONTO.

[img] Text
0. sampul.docx

Download (51kB)
[img]
Preview
Image
persetujuan pembimbing.jpg

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Image
pengesahan ujian skripsi.jpg

Download (519kB) | Preview
[img] Text
1. DAFTAR ISI.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN 10 UJI KLP KCIL.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN 11 UJI KLP BESAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN 13 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Asri Indasari 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Software Camtasia Pada Mata Pembelajaran Biologi KelasVIII SMPN 1 Bangkala Kab. Jeneponto. Skripsi dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dr. H. Abd Haling, M.Pd Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui gambaranan analisi kebutuhan pengembangan Media Video Pembelajaran dengan menggunakan Software Camtasia pada mata pelajaran Biologi, Untuk mengetahui gambaran desain atau model hipotetik Media Video Pembelajaran dengan menggunakan Software Camtasia pada mata pelajaran Biologi, Untuk mengetahui validitas dan praktifitas Media Video Pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan Software Camtasia pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau dikenal research and Development (R & D).Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Allesi danTrolip yang terdiri dari tahap perencanaan (planning), tahapdesain (design), dan tahap pengembangan (development). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkala Kab. Jeneponto yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 30 peserta didik dan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII dengan jumlah peserta didik 30. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dicapai yaitu: pada tahap awal penelitian, mengidentifikasi masalah disekolah dengan memberikan angket kebutuhan siswa, dengan hasil untuk pertanyaan proses pembelajaran menunjukkan kualifikasi cukup, dan untuk identifikasi kebutuhan media video pembelajaran menunjukkan kualifikasi baik, sedangkan untuk identifikasi kebutuhan belajar berada pada kualifikasi sangat kurang, hal inilah yang menja diacuan peneliti untuk mengembangkan media video menggunakan Software Camtasia Pada tahap desain media dimulai dari tahap pengembangan ide/gagasan kemudian analisis konsep sampai pada pembuatan story board. Dari beberapa tahap yang dilakukan menghasilkan media video yang valid pada kualifikasi baik, uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik, dan tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Dengan demikian media video menggunakan Software Camtasia layak diguanakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran biologi kelasVIII SMPN 1 Bangkala Kab. Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:12
Last Modified: 20 Jul 2022 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item