PENGARUH PENGGUNAAN ADOBE FLASH CS3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KIMIA KELAS VII SMP KRISTEN KALAM KUDUS MAKASSAR

STEPHANIE B. L. (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ADOBE FLASH CS3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KIMIA KELAS VII SMP KRISTEN KALAM KUDUS MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (38kB)
[img] Text
abstract.docx

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 HASIL OBSERVASI GURU.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 SKENARIO PEMBELAJARAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (53kB)

Abstract

STEPHANIE B. L. 2014. Pengaruh Penggunaan Adobe Flash CS3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kimia Kelas VII SMP Kristen Kalam Kudus Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. T. Parumbuan, M. Si dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kimia kelas VII serta penggunaan media yang masih terbatas sehingga peneliti berinisiatif untuk menggunakan Adobe Flash CS3 sebagai media pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kimia kelas VII SMP Kristen Kalam Kudus Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis Penelitian ini adalah pre-eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Kristen Kalam Kudus Makassar yang berjumlah 16 peserta didik terdiri dari 11 siswa dan 5 siswi, karena populasi penelitian ini relatif kecil dan dapat dijangkau, maka ditetapkan untuk tidak dilakukan penarikan sampel (penelitian populasi). Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kimia SMP Kristen Kalam Kudus Makassar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test belum mencapai nilai KKM sedangkan, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada post-test telah mencapai nilai KKM. Hal ini terlihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil thitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 %.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:49
Last Modified: 07 Jul 2022 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23745

Actions (login required)

View Item View Item