PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP MULIA BHAKTI MAKASSAR

Hens Trymario (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP MULIA BHAKTI MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR ISI HENS.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK HENS.docx

Download (94kB)
[img] Text
SKRIPSI PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASH.. HENS TRYMARIO S.Pd 09.docx

Download (152kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

Hens Trymario. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media trendy flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Dibimbing oleh Drs.M. T. Parumbuan, M.Si dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran kelas masih terfokus pada guru tanpa adanya media berbasis komputer dalam menyampaikan materi pelajaran dan adanya sarana LCD yang tidak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan Media trendy flash. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimanakah pemanfaatan media trendy flash pada proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar 2) Adakah pengaruh pemanfatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Berdasarkan hal itu peneliti bertujuan: 1) Untuk memperoleh pemanfaatan media trendy flash pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar , 2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis dan desain penelitian pra-eksperimen one group pretest-posttest desing. Dimaksudkan untuk mengetahui suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung yaitu pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Jenis penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP mulia Bhakti Makassar dengan jumlah siswa 24 orang. Data yang diperoleh melalui tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah pemanfaatan media trendy flash hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siswa yang masih terfokus pada guru tanpa adanya media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil posttest siswa meningkat dibandingkan dengan hasil pretest siswa ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:55
Last Modified: 06 Jul 2022 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23727

Actions (login required)

View Item View Item