NURBAETI (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU DI SDN 49 BORONGRAPPOA KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
lampiran depan.docx Download (137kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.docx Download (964kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP 1.docx Download (36kB) |
Abstract
NURBAETI, 2018. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan keprofesionalan guru di SDN 49 Borongrappoa kabupaten bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Dr. Andi Cudai Nur, M.Si., dan Dr. Ed Faridah. S. T., M. Sc. Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang supervisi akademik di sekolah SDN Borongrappoa. Fokus dalam masalah ini adalah 1. Bagaimanakah gambaran pemantauan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap proses mengajar yang dilakukan oleh guru 2. Bagaimana gambaran pembinaan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru 3. Bagaimana gambaran proses penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru. Tujuan penelitian ini 1. Untuk mengatahui bagaimana gambaran pemantauan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap proses mengajar di yang lakukan oleh guru 2. Untuk mengatahui gambaran pembinaan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru 3. Untuk mengatahui prosesgambaran penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ada 5 orang yang terdiri dari kepala sekolah, dua guru tetap, dan 2 guru honorer. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan keprofesionalan guru 1. Pemantauan. 2. Penilaian. 3. Pembinaan. Di mana kepala sekolah lebih mudah dalam perencanaan saat mensupervisi para guru, dibuktikan bahwa kinerja antara kepala sekolah dengan guru-guru di sekolah ini sangat baik dan bersinerji. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru terfokus pada tiga kegiatan kepengawasan akademik yaitu 1. pemantauan, a. keterlaksanaan rencana pembelajaran, b. pemantauan kinerja guru dikelas, c. pemantauan secara langsung dan tidak langsung. 2. penilaian, a. melakukan perencanaan program kegiatan pembelajaran, c. melakukan evaluasi/penilaian pembelajaran dan 3. pembinaan, a. melakukan pendampingan meningkatkan kemampuan guru menyusun administrasi perencanaan, b. melakukan pendampingan dalam proses pelaksanaan pembelajaran c. membimbing guru dalam meningkatkan kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik, d. meningkatkan kemampuan guru menggunakan media dan sumber belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:23 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23341 |
Actions (login required)
View Item |