PENGGUNAAN BANGUN GEOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID CEREBRAL PALSY KELAS VI DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR

MUH. YUSRIL THAHIR (2022) PENGGUNAAN BANGUN GEOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID CEREBRAL PALSY KELAS VI DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul (i).pdf

Download (38kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing (ii).pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi (iii).pdf

Download (357kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi (iv).pdf

Download (101kB)
[img] Text
5. Moto dan peruntukan (v).pdf

Download (245kB)
[img] Text
6. Abstrak (vi).pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. Prakata (vii-ix).pdf

Download (365kB)
[img] Text
8. Daftar Isi (x-xii).pdf

Download (14kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar (xiii).pdf

Download (88kB)
[img] Text
10. Daftar Grafik (xiv-xv).pdf

Download (98kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran (xx).pdf

Download (91kB)
[img] Text
13. BAB I (1-7).pdf

Download (212kB)
[img] Text
14. BAB II (8-35).pdf

Download (567kB)
[img] Text
15. BAB III (36-51).pdf

Download (276kB)
[img] Text
16. BAB IV (52-104).pdf

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V (105-109).pdf

Download (100kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka (110-111).pdf

Download (93kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN (112).pdf

Download (85kB)
[img] Text
20. Lamp. 1 Instr. Langkah Pembelajaran dan Butir Soal (113-148).pdf

Download (755kB)
[img] Text
21. Lamp. 2 Instr. Validasi Media (149-167).pdf

Download (684kB)
[img] Text
22. Lamp. 3 Format Instr. Tes (169-171).pdf

Download (137kB)
[img] Text
23. Lamp. 4 Format Penilaian Instr. Tes (172-175).pdf

Download (144kB)
[img] Text
24. Lamp. 5 Nilai Intervensi (176-200).pdf

Download (537kB)
[img] Text
25. Lamp. 6 Nilai Baseline 1-2 (201-225).pdf

Download (391kB)
[img] Text
26. Lamp. 7 Nilai Keseluruhan (226-228).pdf

Download (155kB)
[img] Text
27. Lamp. 8 Persuratan (229-242).pdf

Download (3MB)
[img] Text
28. Lamp. 9 Dokumentasi Penel. (243-248).pdf

Download (1MB)
[img] Text
29. Riwayat Hidup Pasang (249-250).pdf

Download (200kB)
[img] Text
jurnal wahyunita.pdf

Download (553kB)

Abstract

MUH. YUSRIL THAHIR, 2019. Penggunaan Bangun Geometri terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Cerebral Palsy Kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Dra Hj. St. Kasmawati, M.Si.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar matematika mengenai pemahaman sifat-sifat bangun geometri murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh penggunaan bangun geometri terhadap hasil belajar matematika murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bangun geometri terhadap hasil belajar matematika pada murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah seorang murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar berinisial SR. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) pada kondisi baseline 1 (A1) masih dalam kategori rendah, 2) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) pada kondisi kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan ke ranah kategori tinggi disebabkan adanya perlakuan yaitu penggunaan bangun geometri. 3) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) pada kondisi baseline 2 (A2) menunjukkan penurunan dari nilai intervensi, tetapi nilai pada kondisi baseline 2 (A2) masih dalam kategori tinggi dan masih lebih baik dibandingkan dengan nilai pada kondisi baseline 1 (A1). 4) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) berdasarkan analisis antarkondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bangun geometri memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika, yakni mengenai kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:38
Last Modified: 25 Feb 2022 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22355

Actions (login required)

View Item View Item