MUH. YUSRIL THAHIR (2022) PENGGUNAAN BANGUN GEOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID CEREBRAL PALSY KELAS VI DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.
Text
1. Sampul (i).pdf Download (38kB) |
|
Text
2. Persetujuan Pembimbing (ii).pdf Download (339kB) |
|
Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi (iii).pdf Download (357kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi (iv).pdf Download (101kB) |
|
Text
5. Moto dan peruntukan (v).pdf Download (245kB) |
|
Text
6. Abstrak (vi).pdf Download (191kB) |
|
Text
7. Prakata (vii-ix).pdf Download (365kB) |
|
Text
8. Daftar Isi (x-xii).pdf Download (14kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar (xiii).pdf Download (88kB) |
|
Text
10. Daftar Grafik (xiv-xv).pdf Download (98kB) |
|
Text
12. Daftar Lampiran (xx).pdf Download (91kB) |
|
Text
13. BAB I (1-7).pdf Download (212kB) |
|
Text
14. BAB II (8-35).pdf Download (567kB) |
|
Text
15. BAB III (36-51).pdf Download (276kB) |
|
Text
16. BAB IV (52-104).pdf Download (1MB) |
|
Text
17. BAB V (105-109).pdf Download (100kB) |
|
Text
18. Daftar Pustaka (110-111).pdf Download (93kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN (112).pdf Download (85kB) |
|
Text
20. Lamp. 1 Instr. Langkah Pembelajaran dan Butir Soal (113-148).pdf Download (755kB) |
|
Text
21. Lamp. 2 Instr. Validasi Media (149-167).pdf Download (684kB) |
|
Text
22. Lamp. 3 Format Instr. Tes (169-171).pdf Download (137kB) |
|
Text
23. Lamp. 4 Format Penilaian Instr. Tes (172-175).pdf Download (144kB) |
|
Text
24. Lamp. 5 Nilai Intervensi (176-200).pdf Download (537kB) |
|
Text
25. Lamp. 6 Nilai Baseline 1-2 (201-225).pdf Download (391kB) |
|
Text
26. Lamp. 7 Nilai Keseluruhan (226-228).pdf Download (155kB) |
|
Text
27. Lamp. 8 Persuratan (229-242).pdf Download (3MB) |
|
Text
28. Lamp. 9 Dokumentasi Penel. (243-248).pdf Download (1MB) |
|
Text
29. Riwayat Hidup Pasang (249-250).pdf Download (200kB) |
|
Text
jurnal wahyunita.pdf Download (553kB) |
Abstract
MUH. YUSRIL THAHIR, 2019. Penggunaan Bangun Geometri terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Cerebral Palsy Kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Dra Hj. St. Kasmawati, M.Si.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar matematika mengenai pemahaman sifat-sifat bangun geometri murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh penggunaan bangun geometri terhadap hasil belajar matematika murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bangun geometri terhadap hasil belajar matematika pada murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah seorang murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar berinisial SR. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) pada kondisi baseline 1 (A1) masih dalam kategori rendah, 2) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) pada kondisi kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan ke ranah kategori tinggi disebabkan adanya perlakuan yaitu penggunaan bangun geometri. 3) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) pada kondisi baseline 2 (A2) menunjukkan penurunan dari nilai intervensi, tetapi nilai pada kondisi baseline 2 (A2) masih dalam kategori tinggi dan masih lebih baik dibandingkan dengan nilai pada kondisi baseline 1 (A1). 4) Kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri subjek (SR) berdasarkan analisis antarkondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bangun geometri memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika, yakni mengenai kemampuan pemahaman sifat-sifat bangun geometri murid cerebral palsy kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 01:38 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 01:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22355 |
Actions (login required)
View Item |