SADRIANA KAMARUDDIN (2022) KEMAMPUAN MENGENAL TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN PENGAJARAN OUTDOOR CLASS PADA PELAJARAN IPA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
LAMPIRAN DEPAN.docx Download (68kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (86kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran.docx Download (12kB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.docx Download (772kB) |
|
Text
LAMPIRAN FOTO.docx Download (3MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (224kB) |
Abstract
Sadriana Kamaruddin 2014. Kemampuan mengenal tumbuhan melalui penerapan pengajaran outdoor class pada pelajaran IPA Murid Tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah mendasar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dihadapi anak tunagrahita ringan kelas Dasar IV di Slb Somba Opu Kabupaten Gowa yaitu pemberian pengajaran yang kurang menarik sehingga siswa tidak termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Dalam penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas Dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa ini tidak dapat mengenali bagian – bagian tumbuhan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. pada Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kemampuan mengenal tumbuhan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum menerapkan Metode Pengajaran Outdoor Class. 2). Untuk mengetahui kemampuan mengenal tumbuhan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah menerapkan Pengajaran Outdoor Class. 3).Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan mengenal tumbuhan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penerapan Pengajaran Outdoor Class. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah murid tunagrahita ringan di kelas dasar IV berjumlah 4 murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan mengenal tumbuhan pada mata pelajaran IPA murid tunagrahita ringan di kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan pengajaran outdoor class berada dalam kategori tidak mampu. Sedangkan Kemampuan mengenal tumbuhan pada mata pelajaran IPA murid tunagrahita ringan di kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan pengajaran outdoor class berada dalam kategori mampu. Artinya ada peningkatan Kemampuan mengenal tumbuhan Melalui penerapan pengajaran outdoor class pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa .
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 02:28 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 02:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21990 |
Actions (login required)
View Item |