PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLBN PAKKANREBETE KAB. SOPPENG PROVINSI SULAWESI SELATAN

Astuti (2022) PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLBN PAKKANREBETE KAB. SOPPENG PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
SAMPUL LUAR.rtf

Download (997kB)
[img] Text
sampul dalam.rtf

Download (262kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (128kB)
[img] Text
BAB II new.rtf

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (50kB)
[img] Text
dapus new.rtf

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
DATA HASIL PENELITIAN.rtf

Download (115kB)
[img] Text
instrumen tuti.rtf

Download (69kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.rtf

Download (449kB)
[img] Text
riwayat pendidikan.rtf

Download (917kB)

Abstract

ASTUTI. 2014. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Murid Tunarungu Kelas Dasar III Di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan”. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Drs. Achmad Tohir. Jurusan Pendidikan Luar Biasa ; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada peningkatan hasil belajar murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan metode jarimatika? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan metode jarimatika.). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunarungu ringan kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes (pretest dan posttest). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penjumlahan pada murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan metode jarimatika berdasarkan hasil kerja murid yang menunjukkan hasil belajar ketiga subjek penelitian berada pada kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah pembelajaran dengan penggunaan metode jarimatika pada murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan hasil belajar penjumlahan ketiga subyek mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai berada pada kategori tuntas. Hal ini berarti bahwa ketiga subjek telah mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:15
Last Modified: 21 Jan 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21863

Actions (login required)

View Item View Item