Astuti (2022) PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLBN PAKKANREBETE KAB. SOPPENG PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Text
SAMPUL LUAR.rtf Download (997kB) |
|
Text
sampul dalam.rtf Download (262kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf Download (250kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (128kB) |
|
Text
BAB II new.rtf Download (641kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (116kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Download (9MB) |
|
Text
BAB V.rtf Download (50kB) |
|
Text
dapus new.rtf Download (52kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Text
DATA HASIL PENELITIAN.rtf Download (115kB) |
|
Text
instrumen tuti.rtf Download (69kB) |
|
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.rtf Download (449kB) |
|
Text
riwayat pendidikan.rtf Download (917kB) |
Abstract
ASTUTI. 2014. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Murid Tunarungu Kelas Dasar III Di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan”. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Drs. Achmad Tohir. Jurusan Pendidikan Luar Biasa ; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada peningkatan hasil belajar murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan metode jarimatika? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan metode jarimatika.). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunarungu ringan kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes (pretest dan posttest). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penjumlahan pada murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan metode jarimatika berdasarkan hasil kerja murid yang menunjukkan hasil belajar ketiga subjek penelitian berada pada kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah pembelajaran dengan penggunaan metode jarimatika pada murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan hasil belajar penjumlahan ketiga subyek mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai berada pada kategori tuntas. Hal ini berarti bahwa ketiga subjek telah mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar murid tunarungu kelas dasar III di SLBN Pakkanrebete Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 06:15 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 06:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21863 |
Actions (login required)
View Item |