Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Self-Confidence Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi

Sofyan, Muh. Sofyan (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Self-Confidence Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN MUH. SOFYAN.docx

Download (24kB)

Abstract

, 2018. . Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Ayahanda dan Ayahanda . Penelitian ini meurpakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) deksripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran Konvensional; (2) deskripsi rasa percaya diri atau Self-Confidence siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran Konvensional; (3) pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika dan self-confidence siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi pada tahun ajaran 2017/2018. Peneliti memilih dua kelas dengan teknik random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah rata-rata nilai hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan dengan pembelajaran Konvensional berturut-turut adalah: (i) 88,8696 dan 75,2609; (ii) 82,5909 dan 52,5000, dengan α sebesar 5 % atau 0,05. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:49
Last Modified: 11 Jul 2018 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9495

Actions (login required)

View Item View Item