Implementasi Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Suku Banyak pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malili

Megalia, Rizka (2013) Implementasi Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Suku Banyak pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malili. Diploma thesis, MIPA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Only Pretest-Posstest Design yang mengkaji tentang Implementasi Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Suku Banyak pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malili. Bahan kajian pada model pembelajaran ini ada 3 aspek implementasi yaitu keterlaksanaan model pembelajaran ATI, aktivitas siswa selama model pembelajaran, dan hasil belajar siswa sebelum dan setelah implementasi. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili dengan jumlah siswa 26 orang. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa serta tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori tinggi, (2) aktivitas siswa selama implementasi model pembelajaran ATI secara umum tergolong aktif, (3) hasil belajar siswa sebelum implementasi model pembelajaran mencapai 19,23% ketuntasan klasikal, (4) hasil belajar siswa setelah implementasi model pembelajaran mencapai 76,9% ketuntasan klasikal, (5) hasil analisis statistik dengan uji paired sample t-test diperoleh skor hasil belajar siswa sebelum implementasi lebih rendah dibandingkan skor hasil belajar siswa setelah implementasi. Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran ATI dengan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran ATI pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jun 2018 01:13
Last Modified: 21 Jun 2018 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9248

Actions (login required)

View Item View Item