“Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru”

Adabiyah Usman, Rabiatul (2016) “Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
USMAN RABIATUL.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman wacana narasi bahasa Bugis siswa kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru. Penelitian ini bersifat deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru yang berjumlah 152 siswa terbagi dalam 5 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes tertulis berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes pertama digunakan tes yang berhuruf Lontaraq dan yang kedua menggunakan huruf Latin. Hasil tes dengan menggunakan huruf Lontaraq menunjukkan bahwa dari 30 siswa sampel, 3 siswa (10%) yang memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang kurang, dan 27 siswa (90%) yang memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang sangat kurang. Hasil tes dengan menggunakan huruf Lontaraq jika dilihat dari kategori kemampuan membaca pemahaman wacana narasi dapat diketahui bahwa tidak ada (0%) siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 30 siswa (100%) yang memperoleh nilai di bawah 75. Jadi, kemampuan membaca pemahaman wacana narasi bahasa Bugis dengan tes yang menggunakan huruf Lontaraq siswa kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru berada pada kategori tidak mampu. Hasil tes dengan menggunakan huruf Latin menunjukkan bahwa dari 30 siswa sampel, 5 siswa (17%) yang memiliki kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang sangat baik, 14 siswa (47%) yang memiliki kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang baik, 6 siswa (20%) yang memiliki kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang cukup, 4 siswa (13%) yang memiliki kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang kurang, dan 1 siswa (3%) yang memiliki kemampuan membaca pemahaman wacana narasi yang sangat kurang. Hasil tes dengan menggunakan huruf Latin jika dilihat dari kategori kemampuan membaca pemahaman wacana narasi dapat diketahui bahwa 19 siswa (63%) yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 11 siswa (37%) yang memperoleh nilai di bawah 75. Jadi, kemampuan membaca pemahaman wacana narasi bahasa Bugis dengan tes yang menggunakan huruf Latin siswa kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru berada pada kategori tidak mampu Peneliti mengharapkan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman wacana narasi siswa dengan berbagai metode, siswa diharapkan berlatih dalam membaca pemahaman wacana narasi terutama dengan menggunakan huruf lontaraq, serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode atau tes yang bervariasi. Kata kunci : Membaca, Pemahaman, Narasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:37
Last Modified: 30 Apr 2018 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item