Implementasi Model Pembelajaran Tematik Pada Anak Usia Dini di TK YPS Sorowako

RACHMAWANTI, A.DEASY (2014) Implementasi Model Pembelajaran Tematik Pada Anak Usia Dini di TK YPS Sorowako. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Tesis A.Deasy Rachmawanti.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tematik yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan autentik. Metode pembelajaran tematik tersebut telah diberlakukan di TK YPS yang kemudian dalam implementasinya terdapat beberapa kendala. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendekatan, strategi, kompetensi pelaksana dan faktor pendukung dan penghambat yang dominan pada implementasi model pembelajaran tematik pada anak usia dini di TK YPS Sorowako. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, informan yang dipergunakan diambil secara bertujuan meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru TK YPS Soroako. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: (i) pengumpulan data, (ii) reduksi data, (iii) penyajian data dan (iv)) verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) pendekatan implementasi kurikulum yang digunakan oleh TK YPS Sorowako dikembangkan dengan pendekatan Mutual Adaptation. (ii) strategi implementasi pembelajaran tematik di TK YPS Sorowako pada strategi pengorganisasian isi perlu pengembangan dan koordinasi yang lebih efektif serta meningkatkan pemahaman tentang tematik untuk menyusun dan merencanakan isi pembelajaran, pada strategi penyampaian materi pembelajaran belum memaksimalkan kegiatan pembelajaran menggunakan benda real melalui pengalaman nyata, pada strategi pengelolaan pembelajaran belum sinkronnya antara hasil penilaian guru berdasarkan indikator dengan hasil belajar/indikator yang tertuang dalam buku rapor siswa. (iii) kompetensi guru perlu dikembangkan dalam bentuk pengayaan dan pelatihan pembelajaran tematik dalam penerapannya. (iv) ada empat faktor pendukung yaitu; adanya panduan dari KTSP PAUD dan Permen Diknas RI No.58 tahun 2009 dalam pembuatan kurikulum dan silabus, adanya inisitif, kemauan dan kerja tim yang solid dari para guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik, adanya kebijakan dan aturan ISO 9001:2008 Iwa 2 yang diterapkan untuk mengontrol dan memvalidasi setiap program atau rencana pembelajaran,dan sarana prasarana pendidikan yang sangat memadai yang mendukung kegiatan belajar mengajar dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di TK YPS Sorowako. Faktor penghambat yang terindentifikasi ada empat yaitu; guru belum mampu mengembangkan kurikulum dengan pola mandiri, kurangnya koordinasi dan komunikasi antara manajemen dan guru untuk membuat strutur kurikulum implementatif, belum diakomodasinya model pembelajaran yang ada di PAUD,kurangnya pengembangan kemampuan dalam bentuk pelatihan,dan workshop.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:15
Last Modified: 23 Apr 2018 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item