Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya, dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba.

Fadhilah, Nurul (2016) Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya, dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Dila.docx

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA di Kabupaten Bulukumba tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 263 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive-proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket lingkungan keluarga, (2) angket interaksi teman sebaya, (3) angket kecerdasan emosional dan (4) studi dokumentasi data hasil belajar biologi siswa semester ganjil. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba memiliki lingkungan keluarga pada kategori kondusif, interaksi teman sebaya pada kategori sangat tinggi, kecerdasan emosional pada kategori tinggi dan hasil belajar biologi berada pada kategori sedang, (2) lingkungan keluarga berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,530) dengan kecerdasan emosional, (3) interaksi teman sebaya berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,956) dengan kecerdasan emosional, (4) lingkungan keluarga berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,413) dengan hasil belajar biologi, (5) interaksi teman sebaya berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,396) dengan hasil belajar biologi, (6) kecerdasan emosional berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,441) dengan hasil belajar biologi, (7) lingkungan keluarga berhubungan tidak langsung dengan hasil belajar biologi dan signifikan (r = 0,234) melalui kecerdasan emosional, dan (8) interaksi teman sebaya berhubungan tidak langsung dengan hasil belajar biologi dan signifikan (r = 0,422) melalui kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:09
Last Modified: 18 Apr 2018 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item View Item