Deskripsi Perilaku Belajar Mahasiswa yang Kurang Tepat Memilih Jurusan

Syahmi, Febi Gustiani (2018) Deskripsi Perilaku Belajar Mahasiswa yang Kurang Tepat Memilih Jurusan. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I1.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar mahasiswa yang kurang tepat memilih jurusan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan matematika Fakultas Matematik da dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar sebanyak enam orang terdiri dari dua mahasiswa yang memilih jurusan karena ikut sama teman; dua mahasiswa yang memilih jurusan karena dipaksa orang tua; da dua mahasiswa yang memilih jurusan karena hanya mencoba-coba. Instrument yang digunakan adalah kuesioner perilaku belajar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa yang memilih jurusan karena ikut sama teman memiliki perilaku belajar yang berbeda antara kedua subjek. Subjek pertama cenderung memiliki perilaku belajar yang lebih baik dibanding subjek kedua dengan memperhatikan ke empat indikator dalam perilaku belajar. Sama halnya dengan mahasiswa yang memilih jurusan karena dipaksa oleh orang tua, subjek yang pertama memiliki perilaku belajar yang lebih baik daripada subjek kedua. Sementara untuk dua mahasiswa yang memilih jurusan karenahaya mencoba-coba, terdapat kesamaan perilaku belajar untuk aspek kebiasaan mengikuti pelajaran dan kebiasaan membaca buku. Sedangkan dua aspek yang lainnya berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:22
Last Modified: 13 Apr 2018 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7425

Actions (login required)

View Item View Item