Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Siswa KelasXI IPA 1 SMA Negeri 3 Bajo Kabupaten Luwu.

JUFRI, MUHAMMAD (2017) Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Siswa KelasXI IPA 1 SMA Negeri 3 Bajo Kabupaten Luwu. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
3. TESIS - BAB I.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya motivasi dan aktivitas belajar berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada rerata nilai ulangan harian dengan materi system pencernaan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 BajoTahun Pelajaran 2015/ 2016 masih rendah, belum mencapai 75% siswa yang mendapatkan nilai KKM yang ditetapkan, yaitu nilai 70. Persentase secara klasikal jumlah siswa yang memenuhi KKM hanya sekitar 45 %. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa pada materi system pencernaan makanan melalui penggunaan media pembelajaran macromedia flash.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), danrefleksi(reflecting). Hasil penelitian memperlihatkan (1) peningkatan motivasi belajar biologi siswa dengan kategori sangat tinggi 9,52% dan kategori tinggi 38,10% atau sebesar 47,62% dengan nilai rata-rata kategori sedang (83,86) pada siklus I dan meningkat menjadi kategori sangatt inggi 19,05% dan kategori tinggi 61,90% ataus ebesar 80,95% dengan nilai rata-rata kategori tinggi (92,24) pada siklus II. (2) peningkatan aktivitas belajar biologi siswa untuk kategori sangat tinggi 9,52% dan kategori tinggi 76,19 dengan rata-rata kategori sedang (59,53) pada siklus I (≥ 60) adalah 85,71% dan meningkat menjadi kategori sangat tinggi 76,19% dan kategori tinggi 23,81 atau sebesar 100% dengan rata-rata kategori sangat tingg (81,43) pada siklus II. (3) Peningkatan hasil belajar berdasarkan KKM (nilai 70) mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I sebesar 61,90% dengan nilai rata-rata 72,57 menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 78,10 pada siklus II.melalui penggunaan media pembelajaran macromedia flash pada materi Sistem Pencernaan Makanan dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa di kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bajo Kabupaten Luwu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:05
Last Modified: 13 Apr 2018 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item